Buah Naga Putih

Buah Naga Putih

Buah Naga Putih

Teknik menanam buah naga sebenarnya sederhana tidak baik untuk budidaya di kebun maupun dalam pot hanya saja, sebagian orang merupakan bagian penting di bawah sehingga setelah beberapa tahun pohon buah naga nya tidak berbuah. normalnya buah naga bisa berbuah setelah 7 – 10 bulan. jika beruntung 5 bulan sudah berbuah. ada juga yang memilih bibit yang sudah dibeli tapi gagal berbuah atau malah busuk matang karena serangan hama penyakit.

Cara Memilih Bibit Buah Naga yang berkualitas

cara memilih bibit buah naga yang baik ada dua cara yaitu dengan generatif dari biji dan vegetatif dari stek. Diartikel ini saya sangat menyarankan memilih cara vegetatif atau stek karena hasilnya sudah pasti sama dengan induknya dan berbuahnya cepat. anda tinggal memilih induk yang bagus dan merawat itu kalau secara generatif selain hasilnya bisa berbeda dengan induk diperlukan tempat penangkaran khusus, pembibitan tersebut jarang yang melakukan. nah jika anda baru pertama kali menanam buah naga dan tidak punya indukan pohon buah naga saya menyarankan anda membeli bibit buah naga berilah buah naga yang memiliki bertunas minimal 4, umur bibit sudah 2 bulan atau lebih tinggi bibit minimal 50 cm, batang hijau sehat, tanya penjualnya bahwa induknya sudah berbuah berapa kali dan induk yang baik dan berbuah minimal 3 kali dan terakhir jika anda membeli via online pastikan membaca review pembeli sebelumnya.

Atau anda bisa mengikuti langkah berikut untuk membuat bibit buah naga stek pertama carilah induk yang bagus yaitu yang berbuah minimal 4 kali, potonglah batang yang panjangnya 80 – 120 cm. kemudian potonglah batang yang akan distek dengan panjang 20 -30 cm. celupkan bagian bawah ke fungisida untuk menghindari penyakit. caranya yaitu oleskan perangsang akar di pangkal batang bagian bawah buatlah pelindung atau naungan untuk menutupi stek batang buah naga tersebut, pohon disiram minimal dua kali sehari pagi dan sore pada umur 3 minggu. kamu boleh membuka naungan karena tunas pertama telah tumbuh dan terakhir setelah umur tunas 2 bulan atau tingginya sekitar 50 – 80 cm anda boleh memindahkan tunas ini ke tiang panjatan.

Lokasi Penanaman

Untuk memilih lokasi tanam buah naga adalah jenis tumbuhan kaktus yang menyimpan air di pohonnya jadi berilah lokasi yang cukup terbuka agar mendapat sinar matahari cukup, bersih dari rerumputan dan bukan di sawah kondisi yang terlalu basah dan kurang sinar matahari akan membuat buah naga mengalami busuk batang pohon naga cocok untuk daerah tegalan (ladang) yang bila hujan selesai airnya tidak menggenang. Membuat tiang panjatan tanaman buah naga tumbuh tinggi tapi batangnya tidak kokoh di sini karena jenis kaktus yang menyimpan air di batangnya kondisi ini membuat petani buah naga harus membuat tiang panjat yang tingginya 1,5 meter di bagian atas berbentuk tanda tambah. membuat lubang tanam setiap yang banjir dikelilingi 4 lubang tanam ukuran lubang tanam yakni 60 X 60 cm memiliki kedalaman 25 cm.

Lubang tanam yang sudah disiapkan lalu diisi media berupa campuran pupuk, tanah dan pasir pertanian jika ada. campuran tadi ke lubang tanam siram dengan air di siram sampai basah tapi tidak boleh tergenang di dalam lubang hingga beberapa hari sampai kering dan terkena cahaya matahari. berikan 25 gram pupuk TSP setelah 2 – 3 hari tidak cara memberikannya dengan melingkari tiang panjat berjarak 10 cm dari tiang dan diamkan. selama sehari anda juga bisa memberikan pupuk dari kotoran ayam yang dicampur tetes tebu dan cairan 4 fungsinya menguatkan batang pohon buah naga.

Comments

(0 Comments)

Your email address will not be published. Required fields are marked *