Mengganti Benang Atas Mesin Jahit

Cara Mengganti Benang Atas Mesin Jahit Mini

Dalam bagian mesin jahit, terdapat dua bagian untuk memasang benang yaitu bagian atas dan bagian bawah. Meskipun mesin jahit yang digunakan adalah mesin jahit mini, bagian yang dimiliki tetaplah sama hanya saja berbeda dalam ukuran. Di satu sisi, cara penggunaan mesin jahit mini sebenarnya sama hanya saja fungsinya yang berbeda dan tidak signifikan. Sehingga, dapat dikatakan bahwa pemasangan benang pada mesin jahit mini sama halnya dengan mesin jahit biasa atau Mesin Jahit Singer pada umumnya.

Mengganti Benang Atas Mesin Jahit

Tips Memasang Benang Atas

Cara mengganti benang atas mesin jahit mini sebenarnya mudah, sama halnya dengan memasang benang bagian atas. Tetapi, diperlukan cara yang benar untuk menggantinya. Hal terpenting sebelum mengganti benang adalah memastikan bahwa tidak ada sisa-sisa benang di bagian spul benang karena jika masih ada benang yang tersisa, dapat menghambat proses menjahit setelah pemasangan benang yang baru. Oleh karena itu pastikan untuk membersihkan bagian tersebut sebelum mengganti benang.

Hal penting berikutnya adalah memastikan mesin jahit sudah tidak tersambung dengan listrik untuk keamanan Anda ketika mengganti benang. Karena mesin jahit yang digunakan adalah mesin jahit mini, pastikan jika ukurang benang sesuai dengan spul yang ada pada mesin jahit sebelum menggantinya.

Cara Memasang Benang Atas

Berikut ini adalah langkah-langkah yang perlu dilakukan ketika akan mengganti benang atas di mesin jahit mini.

  1. Angkatlah bagian tiang spul lalu letakkan spul benang di tiang tersebut. Setelah itu, spul benang dikunci dengan menggunakan tutup tiang. Karena menggunakan mesin jahit mini, maka tutup yang digunakan ukurannya pun akan lebih kecil dibandingkan mesin jahit standar.
  2. Lalu, benang dari spul tersebut ditarik hingga ke pengantar bagian benang atas. Sebelum benang diarahkan ke pengantar benang, benang sebaiknya ditarik terlebih dahulu.
  3. Jika sudah melalui pengantar benang, maka arahkanlah benang menuju ke arah kanan setelah itu ditarik ke bawah. Kemudian, arahkan ke kiri dan bawalah ke atas. Ketika berada di langkah ini, Anda harus menahan posisi benang diantara pengantar benang dan spul benang.
  4. Apabila benang sudah berada di bagian atas, maka gerakannlah benang tersebut ke arah kanan lalu ke arah kiri. Tariklah benang tesebut ke bawah sesuai dengan bentuk dari pengantar benang.
  5. Sebagai langkah akhir, tariklah benang hingga sepanjang 6-8 inchi menuju ke bagian belakang lubang jarum. Setelah itu, potonglah benang dengan gunting atau pemotong benang lainnya.

Penggunaan benang tentunya adalah aspek terpenting dalam kegiatan menjahit. Tidaklah heran jika dalam sekali menjahit saja dibutuhkan banyak pergantian benang, terutama apabila mesin yang digunakan adalah mesin jahit mini. Itulah mengapa, penting halnya untuk memahami cara mengganti benang atas mesin jahit mini.

Comments

(0 Comments)

Your email address will not be published. Required fields are marked *